Silsilah Sunan Ampel: Walisongo Keturunan Arab, China, Champa dan Pasai

Lukisan Sunan Ampel Walisongo
Ilustrasi lukisan Sunan Ampel, perintis sekaligus ketua lembaga dakwah Walisongo pada zaman Majapahit.

Silsilah Sunan Ampel, perintis organisasi dakwah Islam Walisongo pada era Kerajaan Majapahit ke atas, kita akan mengetahui bahwa pemilik nama asli Raden Rahmat ini adalah keturunan dari bangsawan sekaligus ulama dari China, Champa, Arab dan Pasai.

Sunan Ampel memiliki nama China, Bong Swie Ho. Sejak bibinya diperistri oleh Bhre Kertabhumi, Raja Keling yang kemudian menjadi Raja Majapahit dengan Gelar Prabu Brawijaya V, Sunan Ampel diberi gelar bangsawan dari Majapahit, yaitu raden.

Sejak saat itu, Sunan Ampel dikenal dengan Raden Rahmat. Setelah mendirikan lembaga dakwah Walisongo, ia dikenal dengan Susuhunan ing Ngampeldhenta atau lebih sering disebut Sunan Ampel.

Sunan Ampel adalah sesepuhnya para wali, gurunya para wali yang tergabung dalam Walisongo. Beliau begitu dihormati di kalangan bangsawan Majapahit maupun kalangan ulama, karena dituakan.

Sunan Ampel mendirikan pesantren pertama di Tanah Jawa, Nusantara, yang berada di Surabaya. Banyak umat Muslim yang nyantri di sana, termasuk tokoh-tokoh penting.

Silsilah Sunan Ampel
Sunan Ampel samasekali tidak memiliki darah Jawa. Beliau murni berasal dari keturunan bangsa Arab, Champa, China dan sedikit dari Pasai.

Jadi, hanya darah dari Pasai yang mengukuhkan darah kenusantaraan dari sosok sesepuh Walisongo tersebut. Lantas, bagaimana silsilah? Dikutip Historyofjava.com dari buku Sabda Palon: Sandyakala Wilwatikta karangan Damar Shashangka (2019), ayah Sunan Ampel adalah Syekh Ibrahim Asmarakandi.

Syekh Ibrahim Asmaraqandi, ayah Sunan Ampel menikah dengan Chandravati, putri Champa. Sementara ayah Syekh Ibrahim Asmarakandi adalah Jamaluddin Syah Jalal, ulama berdarah Arab dan lebih dikenal Syekh Jumadi Kubro.

Jamaluddin Syah Jalal, kakek Sunan Ampel sendiri menikah dengan Putri Ramawati, bangsawan dari Kasultanan Samudera Pasai. Dari Putri Ramawati inilah, Sunan Ampel memiliki darah Pasai.

Darah Arab didapatkan dari kakek pihak bapak, yaitu Syekh Jamaluddin Syah Jalal. Darah Champa diperoleh dari nenek pihak ibunya, putri dari Raja Ngaut Klaung Vijaya, Raja Negeri Champa.

Darah China mengalir dari kakek pihak ibunya, Raja Kauthara bernama Bong Tak Keng. Kauthara adalah negara bagian Champa yang saat ini berada di sekitar Vietnam.

Silsilah Sunan Ampel dari ayah (Arab)
Sayyid Ali Rahmat (Sunan Ampel) bin
Syekh Ibrahim al-Akbar (Syekh Ibrahim as-Samarqand) bin
Syekh Jamaluddin Syah Jalal (Syekh Jumadil Kubra) bin
Syekh Ahmad Syah Jalal (Gubernur Kasultanan Delhi, India) bin
Syekh Abdullah bin
Syekh Alawi Amal al Faqih bin
Syekh Muhammad Syahib Mirbath bin
Syekh Ali Khali' Hasan bin
Syekh Alawi bin
Syekh Muhammad bin
Syekh Ubaidillah bin
Syekh Ahmad Muhajirullah bin
Syekh Syekh Isa al-Rumi bin
Syekh Muhammad Naqib bin
Syekh Ali al Uraidhi bin
Syekh Jafar ash-Shadiq bin
Syekh Muhammad al Baqir bin
Syekh Ali Zainal Abidin bin
Syekh Al-Hussein bin
Sayyidina Ali bin Abi Thalib dan Sayyidatina Fatimah binti
Nabi Muhammad SAW.

Jika ditarik dari pihak laki-laki, maka nasab Sunan Ampel sesungguhnya langsung menuju Rasulullah SAW. Namun, jika dikaitkan dengan pihak ibunya ke atas, maka didapatkan garis keturunan China dan Champa. []

Belum ada Komentar untuk "Silsilah Sunan Ampel: Walisongo Keturunan Arab, China, Champa dan Pasai"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel